7 TIPS BERHENTI MEROKOK

Anda menyayangi orang-orang terdekat anda ? Anda ingin berhenti merokok ? Bagaimana cara untuk berhenti merokok ? tidak ada salahnya jika mengikuti beberapa tips dibawah ini.


1. MOTIVASI Bulatkan Tekad Anda untuk Berhenti Merokok

Niatkan dalam hati anda bahwa anda ingin melindungi keluarga (perokok pasif) dari resiko terkena kanker paru-paru, dll. Mulailah untuk menentukan alasan yang lebih jelas dan kuat. Anda bisa menentukan alasan sebagai motivasi anda. Misalnya : daripada dibuat beli rokok mending ditabung untuk beli rumah/mobil, mending ditabung buat menyekolahkan anak, dll.

Sumber :thayyiba.com

2. Berhenti Merokok Seketika (Total) atau Melakukan Pengurangan Jumlah Rokok Secara Bertahap

Anda harus mengurangi frekuensi merokok secara bertahap. Dengan begitu pikiran dan tubuh akan mulai terbiasa mengurangi kecanduan nikotin sedikit demi sedikit.

Sumber : indahjava.wordpress.com

3.Kenali Waktu, Tempat dan Situasi Dimana Anda Paling Sering Merokok

Seorang perokok memiliki waktu dan tempat kebiasaan dia merokok yang paling sering dilakukan. Misalnya: saat menunggu, sesudah makan, cangkrukan, nongkrong dengan teman-teman dan lain sebagainya. Coba alihkan kebiasaan merokok di tempat tersebut dengan aktifitas lainnya. Anda juga dapat mengganti kebiasaan merokok dengan mengunyah permen karet misalnya.


4. Menahan Keinginan Anda Untuk Merokok Dengan Menunda

Menahan diri adalah salah satu kunci dimana anda akan dapat mengendalikan diri dari keinginan merokok. Caranya cukup mudah yaitu setiap kali anda merasakan dorongan kuat untuk merokok, tundalah selama 5 menit sebelum anda menyalakan rokok tersebut.

Dihari berikutnya jika muncul dorongan untuk merokok tingkatkan penundaan menjadi 10 menit, tambahlah penundaan 5 menit setiap harinya. Dengan cara ini tubuh anda akan menyadari bahwa dorongan untuk merokok semakin lama akan menghilang secara perlahan.

Sumber : mausehat.com

5. Lakukan Olah Raga Secara Rutin Dan Teratur

Olahraga teratur seperti jogging dan jalan kaki akan membantu anda mendapatkan mood yang lebih baik, tubuh dan pikiran akan menjadi lebih segar. Aktifitas olahraga kan membuat anda terhindar dari stress, sehingga anda tidak perlu merokok lagi sebagai alasan untuk menghilangkan stress.

Sumber : Inovasee.com

6. Minta Dukungan Dari Orang Terdekat/Keluarga/Kerabat

Minta dukungan dari keluarga anda dengan cara meminta mereka untuk selalu menegur dan mengingatkan anda untuk tidak merokok. Dukungan teman dan kerabat dekat juga akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan anda berhenti merokok. Dibutuhkan kerjasama yang baik dengan keluarga untuk mengingatkan dan menegur anda.

7. Konsultasikan Kepada Dokter

Cara yang satu ini perlu dicoba, sebaiknya lakukanlah konsultasi kepada dokter untuk membantu anda menghadapi ketergantungan pada nikotin.






Sumber Referensi :

Buku Saku Hidup Sehat Tanpa Rokok
Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

0 komentar:

Post a Comment