APA ITU PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) ?

PTM adalah singkatan dari Penyakit Tidak Menular. PTM merupakan penyakit yang bukan disebabkan karena bakteri, kuman, ataupun virus. Namun PTM disebabkan oleh gaya hidup, pola makan, keturunan, dll. PTM merupakan penyakit yang bersifat kronis dan degeneratif.

Macam-macam penyakit PTM antara lain :
  1. Hipertensi atau Darah Tinggi
  2. Penyakit Jantung
  3. Stroke
  4. Diabetes Melitus (DM) atau Kencing Manis
  5. Kanker
  6. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)
  7. Kecelakaan dan kekerasan
  8. dll.

70% orang tidak pernah menyadari bahwa dirinya terkena PTM. Seringkali PTM justru diketahui saat sudah parah atau stadium lanjut.

Berikut gejala-gejala PTM :
  1. Gejala Obesitas
Orang dikatakan mengalami obes apabila Indeks Massa Tubuhnya (IMT) ≥ 25 kg/m2 dan mempunyai lingkar perut > 90 cm (laki-laki) atau >80 cm (perempuan) dengan tanda-tanda lain yaitu kalau tidur mengorok, nyeri pada pinggul dan sendi-sendi tulang.

Sumber : pptm.depkes.go.id

  1. Gejala Kencing Manis (DM)
Biasanya orang yang mengalami gejala kencing manis (DM) tandanya yaitu cepat lapar, sering mengalami haus, sering buang air kecil, berat badan berkurang drastis, sering merasa kesemutan di kaki, dan jika mempunyai luka sulit sembuh/kering.

Sumber : Medicalsecrets.com

  1. Gejala Jantung Koroner
Merasakan rasa yang tidak enak di dada sifatnya tumpul, dada rasanya seperti mendapat tekanan atau diperas, menjalar ke leher/lengan, biasanya disertai kesulitan bernafas, berdebar-debar jantungnya, berkeringat, mual dan muntah
 Sumber : sakitjantung.net

  1. Gejala Stroke
Merasa lemah, kesemutan atau lumpuh pada wajah/kaki/lengan terutama pada satu sisi tubuh, pandangan kabur pada satu/kedua mata, bicara tidak jelas, kehilangan keseimbangan tubuh atau koordinasi, sering mengalami sakit kepala hebat (digambarkan sebagai sakit kepala paling parah selama hidupnya).
Sumber : Mayoclinic.org 

  1. Gejala Asma
Sesak nafas, mengi, batuk dan rasanya berat terutama di dada. Seringkali menyerang saat malam hari atau dini hari terlebih ketika udara dingin. Biasanya kondisinya akan membaik sendiri dengan pengobatan ataupun tanpa pengobatan.

  1. Gejala PPOK
Pernah terpapar faktor risiko PPOK, disertai batuk yang kronis, berdahak, sesak nafas terus menerus seringkali pada saat melakukan aktivitas. Sering ditemukan pada orang yang berusia pertengahan atau tua.

  1. Gejala Osteoporosis
Kondisi dimana kepadatan tulang seseorang berkurang drastis, menipis, dan cenderung rapuh, mengalami keropos dan mudah patah akibat berkurangnya massa tulang yang terjadi secara kronis. Tulang dapat patah mendadak tanpa sesuatu penyebab yang jelas.

Cara agar terhindar dari PTM yaitu dengan hidup dan berperilaku C E R D I K
                                        
                                               C ek kesehatan secara berkala 
                                               E nyahkan asap rokok
                                               R ajin dan rutin olah raga
                                               D iet sehat rendah lemak dengan kalori seimbang
                                               I stirahat yang cukup
                                               K elola Stress / Pikiran



0 komentar:

Post a Comment