SAMBUTAN BUPATI BLITAR DALAM ACARA PENCANANGAN KAMPANYE DAN INTRODUKSI IMUNISASI MEASLES RUBELLA (MR) DI KABUPATEN BLITAR

Assalamu’alaikum Wr Wb

Salam sejahtera untuk kita semua

Yth. Sdr. Forpimda beserta ibu
Yang saya hormati :
·     Sdr. Ketua Komisi IV DPRD Kab Blitar beserta anggota,
·     Sdr. Sekretaris Daerah Kab.Blitar,
·     Sdr. Kepala  OPD  se-Kab. Blitar,
·     Sdri. Ketua TP PKK Kabupaten Blitar
·     Sdri. Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Blitar
·     Sdri. Ketua Muslimat Cab Kab Blitar
·     Sdri. Ketua Fatayat Cab Kab Blitar
·     Sdri. Ketua Aisyiyah Cab Kab Blitar
·     Sdr. Camat Udanawu & Seluruh Camat beserta Ketua TP PKK Kecamatan se Kabupaten  Blitar.
·     Sdr.   Kepala    Puskesmas beserta Pemegang Program Imunisasi se Kabupaten Blitar.
·     Sdr. Kepala Desa beserta Ketua TP PKK Desa se Kecamatan Udanawu,
·     Para Dokter Spesialis Anak yang tergabung dalam Pokja Kampanye MR
·     Para Tokoh Masyarakat Se Kecamatan Udanawu,
·     Undangan, dan seluruh  hadirin yang berbahagia.


Mengawali sambutan ini, marilah kita semua menghaturkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan limpahan rahmat karunia, hidayah dan inayah-Nya, kepada kita semua, sehingga hari ini kita dapat saling bertemu dalam keadaan sehat wal-afiat, guna mengahadiri dan mengikuti acara “Pencanangan Kampanye Dan Introduksi Imunisasi Measles-Rubella (MR)”.

Sholawat dan Salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita  Nabi Besar Muhammad SAW yang selalu kita nantikan Syafaatnya mulai detik ini hingga di Yaumil Akhir nanti.  



Bapak/ibu undangan yang saya hormati.

·   Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella/kecacatan yang disebabkan oleh infeksi rubella saat kehamilan (Congenital Rubella Syndrome) pada tahun 2020.

·    Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mempercepat pencapaian tujuan tersebut adalah dengan melaksanakan kampanye (imunisasi massal) dan introduksi imunisasi Campak/Measles dan Rubella (MR).

·   Imunisasi massal MR ini bertujuan untuk memutus transmisi penularan virus campak dan rubella yang ada di masyarakat.

·   Dalam rangka menyukseskan imunisasi massal dan introduksi imunisasi MR 2017, Saya mengajak Dinas / Lembaga terkait, beserta perangkat kerjanya, Organisasi Masyarakat Sipil, dan lembaga-Lembaga Swadaya Masyarakat untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam imunisasi massal MR.



Hadirin yang saya hormati,
·    Sasaran pelaksanaan kegiatan imunisasi massal MR adalah seluruh anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun yang berjumlah sekitar 67 juta (Seluruh Jawa). Sedangkan di Kab Blitar sasaran imunisasi MR berjumlah kurang lebih 260.000 anak.

·                 Untuk Tahap I
Imunisasi massal MR 2017 dilaksanakan di 6 provinsi di seluruh Pulau Jawa yang dilaksanakan pada bulan Agustus dan September 2017.

Untuk Tahap II
            Imunisasi Massal  MR dilaksanakan di seluruh Propinsi diluar Pulau             Jawa yang                        dilaksanakan  pada bulan Agustus dan September 2018

·  Di Kabupaten Blitar, Imunisasi MR pada bulan Agustus 2017 akan dilaksanakan di Posyandu posyandu, polindes, ponkesdes, puskesmas pembantu, puskesmas, dan pos imunisasi lainnya dengan sasaran bayi usia 9 bulan sampai dengan anak usia 6 Tahun.

·    Selanjutnya pada bulan September 2017 Imunisasi MR akan dilakukan diseluruh sekolah yang terdiri dari sekolah SD/MI/Sederajat, SDLB dan SMP/MTS/sederajat dan SMPLB.

·    Imunisasi MR ini diberikan tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Imunisasi MR ini bersifat wajib dan tidak memerlukan ijin tertulis/ individual informed consent.



Hadirin undangan yang berbahagia

·   Imunisasi MR ini tidak akan bisa berjalan dengan baik apabila tidak didukung oleh seluruh Lintas Sektor

·  Saya mengharapkan Sdr Kepala Dinas Pendidikan dan Sdr.Kepala Kantor Kemenag agar terus mendukung demi suksesnya program Imunisasi MR ini. Terimakasih atas dukungannya dalam menyediakan dan memvalidasi data-data sasaran utama imunisasi massal, membantu membuat surat edaran dan sosialisasi agar imunisasi massal ini sukses dilaksanakan dan menjangkau sasaran secara optimal (minimal 95%).

·   Peran Tim Penggerak PKK di tiap tingkatan, tokoh masyarakat  alim ulama serta para pengasuh Pondok Pesantren  sangat diharapkan dalam penyuluhan dan penggerakan sasaran agar masyarakat luas dapat menerima informasi terkait tentang tujuan, waktu, jadwal, dan dapat menggerakkan kelompok sasaran imunisasi massal ini agar datang sesuai waktu pelayanan.

·   Saya juga mengharapkan Organisasi Profesi (IDAI, IDI, IBI, PPNI, PERSI, dll) agar mendukung kegiatan imunisasi massal dan introduksi imunisasi MR ini dengan membuat surat edaran ke masing-masing anggotanya untuk mendukung pelaksanaan imunisasi massal dan introduksi MR ini dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan.

·    Seluruh organisasi kemasyarakatan dan keagamaan diminta untuk mengajak para orang tua dan wali agar membawa anak-anak mereka ke tempat-tempat pelayanan imunisasi massal MR sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.



Hadirin undangan yang saya hormati,

·   Guna  membangun kepekaan dan kesadaran masyarakat tentang pelaksanaan imunisasi massal MR ini, kami mengajak partisipasi media massa (cetak dan elektronik (radio, TV) untuk menerbitkan berbagai berita , wawancara, dialog, pesan layanan masyarakat, pengumuman publik, dan diskusi terkait dengan imunisasi MR ini

·   Saya menghimbau berbagai organisasi profesi terkait, pihak swasta, lembaga pendidikan, organisasi keagamaan, untuk terlibat aktif membantu menyukseskan pelaksanaan imunisasi massal ini.
·   
     Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan ini dengan membawa anak-anak usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun untuk datang ke sekolah-sekolah, Puskesmas, Posyandu, Polindes, dan berbagai fasilitas kesehatan untuk mendapatkan imunisasi MR sesuai waktu yang telah ditentukan.



Hadirin undangan yang saya hormati,
·   Lebih dari 150 Negara telah melaksanakan imunisasi MR sejak tahun 1970. Kita akan mengikuti negara-negara ini dalam memperkenalkan imunisasi MR melalui imunisasi massal

·   Dan selanjutnya imunisasi MR ini akan menjadi bagian dari imunisasi rutin (bagi anak berusia 9 bulan, 18 bulan dan murid kelas 1 SD) mulai bulan oktober tahun 2017 di Pulau Jawa.

     Demikianlah sambutan dari saya semoga Kampanye MR di Kabupaten Blitar dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

    Seluruh sasaran (anak usia 9 bl s.d 15 tahun) di Kabupaten Blitar tidak ada yang terlewat untuk imunisasi.




Mari bersama kita sukseskan Kampanye dan Introduksi MR 2017 !!!!

Untuk Kabupaten Blitar yang lebih sehat.

Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr Wb

“KITA KOMPAK....BISA!!!!”

Blitar, 27 Juli 2017
BUPATI BLITAR



Drs. H. Rijanto, MM

0 komentar:

Post a Comment