Apa itu Kolesterol ? Lemak Jahat ? Lemak Baik ?

Lemak adalah salah satu zat gizi yang disimpan didalam tubuh berasal dari makanan yang dimakan. Nutrisi ini menyumbang kurang lebih 60% dari total energi yang dibutuhkan tubuh saat istirahat maupun saat beraktivitas. 1 gram lemak mampu menghasilkan 9 kkal.

Sumber : duniafitnes.com

Apakah tubuh memerlukan lemak ? Jawabannya adalah YA, Sangat perlu karena:
  1. Lemak adalah cadangan energi yang disimpan didalam tubuh
  2. Lemak merupakan media untuk melarutkan vitamin A, D, E, K agar dapat diserap tubuh
  3. lemak mampu menekan rasa lapar dengan cara memperlambat kosongnya lambung sehingga rasa kenyang dapat bertahan lebih lama
  4. Menambah cita rasa pada makanan dan menambah nafsu makan

Ternyata ada beberapa jenis lemak dan memiliki fungsi penting bagi kesehatan tubuh yaitu:

1. KOLESTEROL adalah alah satu jenis lemak yang terdapat di aliran darah atau sel-sel tubuh seseorang. Kolesterol ini sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku terbentuknya beberapa hormon. Kolesterol tidak mampu larut dalam darah sehingga perlu diikat oleh lipoprotein sebagai alat transportasinya. Kolesterol dibedakan menjadi 2 macam yaitu LDL dan HDL.
Sumber : penyakitkolesterol.org

2. LDL adalah singkatan dari Low Density Lipoprotein mengandung lebih banyak lemak dibandingkan dengan HDL sehingga ia akan mengambang di darah. LDL sering kali disebut sebagai lemak yang "jahat" karena bisa mengakibatkan penempelan kolesterol di dinding pembuluh darah,terutama pembuluh darah yg kecil yang menyuplai darah ke otak. LDL inilah yang maenyebabkan penyumbatan pembuluh darah ke otak.


3. HDL singkatan dari High Density Lipoprotein kerapkali disebut lemak yang "baik" karena dalam aktivitasnya ia mampu memberihkan/membawa kelebihan kolesterol di dinding-dinding pembuluh darah dengan cara mengangkutnya kembali ke hati. HDL mempunyai kandungan lemak kandungan lemak yang lebih sedikit.

Sumber : petunjuksehat.com

Bahan makanan yang mengandung LDL tinggi yaitu susu dan produknya (mayonaise, krim, dll), daging dan jeroan, makanan olahan (sosis, ham, kornet, nugget, dll), makanan komersial (kue tart, cookies, donat, dll), dan makanan ringan (keripik kentang, snack, dll)

Makanan yang mengandung HDL tinggi antara lain alpukat, minyak kelapa murni, ikan (salmon, makarel, tuna), dan kacang-kacangan (kacang merah, almond, kenari).

Sumber : lapordok.com

"Semakin tinggi HDL pada tubuh seseorang dan semakin rendah LDL akan memberikan efek yang baik bagi tubuh".





Sumber Referensi :
Buku Saku
Batasi Konsumsi Gula, Garam, Lemak Melalui Diet yang Sehat dan Seimbang
Untuk Terhindar dari Penyakit Tidak Menular
Kementerian Kesehatan RI

0 komentar:

Post a Comment